Apa Yang Seharusnya Anda Dapatkan Dari Jasa Pembuatan Website?

Artikel ini khusus kami tulis untuk Anda yang menggunakan jasa pembuatan website, dan masih bingung hasil kerja apa saja yang seharusnya Anda dapatkan dari si penyedia jasa.

Jika Anda tipe orang yang gak mau repot, Anda pun akan meminta si penyedia jasa pembuatan website untuk mengurus segalanya. Namun pada akhirnya, ada hal-hal yang mesti Anda dapatkan dari mereka.

Walaupun Anda tidak mengerti untuk apa hal tersebut, Anda tetap harus memiliki hal-hal tersebut jika seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan kedepannya.

Kami akan menjelaskannya dengan cerita pendek ini…

Kisah Brankas Canggih

Pak Erick meminta Tono, karyawan yang paling dia percaya, untuk membelikan brankas yang canggih karena Pak Erick ingin menyimpan dokumen yang sangat penting.

Karena Pak Erick gak mau repot, dia meminta Tono untuk mempelari cara pakai brankas tersebut. Setelah itu, Pak Erick menaruh dokumen penting tersebut ke dalam brankas, lalu Tono mengunci kembali brankas tersebut.

Pak Erick karena gak mau repot untuk mempelajari cara menggunakan brankas canggih tersebut, dia hanya mempercayakan Tono untuk mengetahui caranya.

Suatu saat, Tono (maaf) meninggal dunia. Pak Erick pun bingung bagaimana dia bisa mendapatkan kembali dokumen penting tersebut.

Untungnya dia memiliki seorang karyawan yang sangat pintar untuk membantu dia membukakan brankasnya. Karyawan tersebut berhasil mempelajari cara kerja brankas canggih tersebut, namun… dia tetap tidak bisa membuka brankas tersebut.

Ada kode rahasia yang diperlukan untuk membuka brankas tersebut, dan kode tersebut hanya diketahui oleh mendiang Tono.

~

Nah, semoga cerita ini bisa mengilustrasikan bahwa juga ada “kode-kode rahasia” yang wajib Anda dapatkan dari penyedia jasa pembuatan website, walaupun Anda tidak mengerti cara menggunakan kode tersebut.

Sekarang, mari kita bahas hal apa saja yang harus Anda dapatkan dari si penyedia jasa pembuatan website.

1. Kepemilikan Domain

Dalam membuat sebuah website, Anda harus menggunakan sebuah domain.

Baca juga Hal-hal Yang Dibutuhkan Dalam Pembuatan Website

Ada sebagian penyedia jasa yang memberikan Anda domain gratis, tapi biasanya hanya untuk satu tahun. Setelah satu tahun, atau biasanya sebulan sebelum genap satu tahun, Anda harus memperpanjang domain tersebut. Jika tidak, website Anda tidak akan bisa diakses lagi menggunakan alamat atau nama domain tersebut.

Anda harus meminta informasi login ke website di mana domain tersebut dibeli.

Jika si penyedia jasa membeli domain tersebut menggunakan akun dia, Anda bisa meminta dia untuk membuatkan satu akun terpisah di website tersebut dan minta untuk mentransfer kepemilikan domain ke akun yang baru.

Ini sangat PENTING!

2. Akses Ke Hosting Server (Opsional)

Untuk mengoperasikan sebuah website, kita membutuhkan sebuah server atau komputer yang berjalan selama 24 jam sehari.

Daripada memiliki sebuah server, biasanya kita akan menyewanya karena lebih murah dan lebih gak repot.

Anda juga harus meminta informasi login ke website di mana si penyedia jasa menyewa server tersebut.

Namun sebagian penyedia jasa, karena ingin memberikan biaya yang lebih murah untuk si klien, server yang digunakan adalah server milik si penyedia jasa. Dalam kasus seperti ini biasanya klien tidak akan mendapatkan hak akses ke server tersebut, karena kemungkinan banyak website lain yang ditampung dalam server tersebut. Itulah sebabnya kami sebut ini sesuatu yang opsional.

Jika Anda ingin memiliki kontrol penuh, Anda bisa meminta si penyedia jasa untuk memindahkan website Anda ke server lain. Pastinya, ada biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan.

3. File Digital

File digital ini adalah komponen-komponen yang membentuk website Anda, termasuk juga data-data yang digunakan atau ditampilkan dalam website Anda.

Jika Anda tidak memiliki akses ke server (atau menumpang server si penyedia jasa), Anda bisa meminta mereka untuk memberikan file digital (atau sering disebut coding) ini.

File digital ini adalah cadangan utama yang bisa Anda gunakan untuk memulihkan website yang rusak. Anda juga bisa memberikan website ini ke penyedia jasa lainnya jika diperlukan.

4. Akun Email

Ini adalah bagian yang paling sering dilupakan, padahal amat sangat penting sekali! Paling penting di antara semuanya.

Anda harus meminta akses ke akun email yang digunakan untuk membeli domain, menyewa server hosting dan untuk keperluan lainnya yang berhubungan dalam pembuatan website.

Jangan pernah menumpang akun email si penyedia jasa. Sudah pasti si penyedia jasa tidak akan memberikan akses ke akun email tersebut.

Mengapa Anda perlu memiliki akun email ini?

Ketika Anda lupa password untuk login ke website tempat membeli domain atau server, Anda pun kemudian meminta untuk mereset password.

Instruksi untuk mereset password akan dikirim ke email yang dipakai untuk registrasi. Jika Anda tidak memiliki aksesnya, maka Anda tidak akan bisa mengubah password akun Anda.

Yang paling parah jika seandainya ada penyedia jasa yang jahat yang kemudian mengubah semua password akun-akun Anda. Ini adalah sesuatu yang sangat sulit untuk diatasi.

Oleh karena itu, pastikan Anda meminta akses ke akun email yang dipakai dan segera mengganti password-nya.

Bagaimana Jika Penyedia Jasa Sudah Tidak Bisa Dihubungi?

Anda sudah memiliki website dan baru membaca artikel ini. Sekarang Anda ingin meminta hal-hal yang barusan dijelaskan di atas ke si penyedia jasa. Namun… si penyedia jasa sudah “menghilang” alias tidak bisa dihubungi, bagaimana caranya ya?

Ada beberapa solusi yang “mungkin” bisa Anda lakukan. Walaupun tidak dijamin berhasil, setidaknya ada kemungkinan, daripada tidak dicoba sama sekali.

Anda bisa menghubungi kami untuk melakukan konsultasi gratis dan kami akan dengan senang hati membantu Anda sebisa mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.