Mencari Rekomendasi Jasa Pembuatan Website

Bagi Anda yang pertama kali ingin membuat website namun tidak memiliki kemampuan IT, yang pertama kali kepikiran pasti mencari rekomendasi jasa pembuatan website.

Anda bisa saja mencari rekomendasi dari teman-teman Anda, partner bisnis ataupun menggunakan mesin pencarian seperti Google.

Sebenarnya sangat mudah untuk mencari jasa pembuatan website. Yang sulit adalah, mencari jasa pembuatan website yang baik, yang profesional dan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Karena itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam menemukan penyedia jasa pembuatan website.

1. Cara Komunikasi

Setelah Anda menemukan kandidat penyedia jasa, Anda akan menghubunginya untuk berdiskusi tentang website yang ingin Anda buat.

Ketika ngobrol, wah… dia terlihat keren. Banyak istilah-istilah IT yang tidak Anda mengerti. Anda bertanya kembali, meminta untuk dijelaskan secara simpel, namun juga tidak bisa mengerti.

Apakah dunia IT ini begitu rumit?

Tidak benar. Menurut kami, seorang penyedia jasa yang baik harus memiliki ilmu komunikasi yang baik. Dia harus bisa menerjemahkan istilah-istilah khusus menjadi sesuatu yang bisa dimengerti oleh umum.

Selain itu, ketika berkomunikasi harus terasa enak dan bisa “nyambung”. Ini yang sering disebut sebagai “ada chemistry“.

Apakah memang cara berkomunikasi ini menentukan cocok tidaknya si penyedia jasa?

Menurut kami, ini adalah salah satu syarat utama. Bahkan syarat yang diperlukan ketika Anda mencari penyedia jasa apapun, bukan hanya jasa pembuatan website.

2. Pengalaman

Sudah pasti kita ingin bekerja sama dengan orang yang lebih berpengalaman kan? Lebih terjamin!

Namun, ketika Anda diberikan opsi jasa pembuatan website yang sangat murah, namun belum berpengalaman, Anda pun menjadi bimbang.

Menurut kami, mencoba berada di posisi klien, kami akan memilih yang berpengalaman walaupun lebih mahal. Karena sudah pasti hasil kerjanya terjamin.

Jika belum berpengalaman, ada resiko hasil kerja tidak sesuai yang kita inginkan. Jadinya kita harus mencari penggantinya. Kita habis uang lagi. Ya, mungkin karena murah, Anda anggap itu tidak seberapa. Tapi bagaimana dengan waktu yang telah habis tersebut? Tidak bisa dibeli kembali bukan?

3. Portofolio

Anda bisa memeriksa kecocokan hasil kerja si kandidat melalui portofolio dia. Lihat website-website yang pernah mereka kerjakan, apakah style-nya cocok dengan selera Anda.

Namun bukan hanya itu ya, ada satu hal yang paling penting yang jarang dilakukan oleh klien, yaitu…

Anda harus memastikan portofolio yang dia tunjukkan adalah hasil kerja dia sendiri, bukan hasil kerja orang lain.

Tanyakan beberapa hal tentang website tersebut yang cukup detail. Anda bisa menilai apakah dia bisa menjawab dengan benar dan cukup cepat. Dari sini kita bisa mengetahui apakah benar website tersebut adalah hasil kerja dia.

Cara yang paling efektif juga adalah dengan meminta referensi kontak si pemilik website dari si kandidat. Anda bisa menghubungi si pemilik website untuk memverifikasi kebenarannya.

4. Harga

Nah, topik ini memang paling sulit ya. Harga website sangat variatif, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga ratusan juta rupiah. Bahkan website-website perusahaan multinasional bisa mencapai miliaran.

Harga pembuatan website bisa sangat variatif karena ada banyak jenis website yang bisa kita buat. Dari yang sangat sederhana yang pengerjaannya butuh waktu 2-3 hari, hingga website yang sangat rumit yang membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Selain itu, pengalaman si penyedia jasa juga mempengaruhi harga. Semakin berpengalaman, semakin mahal harganya walaupun hanya membuat sebuah website sederhana.

Jika persoalan harga adalah sesuatu yang cukup menentukan bagi Anda dalam memilih penyedia jasa, Anda sebaiknya menginformasikan budget yang Anda miliki di awal diskusi, agar Anda dan si penyedia jasa tidak menghabiskan waktu terlalu banyak seandainya tidak cocok.

5. Feeling

Kenapa sampai bawa perasaan untuk menentukan penyedia jasa yang bagus?

Menurut kami, jika Anda masih memiliki adanya perasaan tidak percaya pada si penyedia jasa, Anda akan terus khawatir.

Bahkan dengan kontrak yang jelas secara hukum saja akan sangat sulit membantu kita jika seandainya salah satu pihak tidak memenuhi perjanjiannya. Begini… coba dipikirkan biaya yang diperlukan untuk mengangkat sebuah kasus ke ranah hukum? Apakah sesuai dengan nilai projeknya?

Pada akhirnya, semuanya kembali ke kepercayaan kan?

Jadi, kami menyarankan, jika Anda masih memiliki perasaan tidak percaya, walaupun tidak bisa dijelaskan, Anda sebaiknya tidak memakai penyedia jasa tersebut.

~

Nah, bagi Anda yang ingin mencari jasa pembuatan website, maintenance website ataupun SEO website, Anda bisa menghubungi kami untuk berdiskusi terlebih dahulu.

Setelah itu, silakan Anda tentukan apakah kami layak Anda percayakan untuk membantu Anda menghasilkan sebuah website yang baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.